Breaking News

3 Cara Mudah Menyambungkan Pipa Besi Tanpa Sistem Las!

 

3 Cara Mudah Menyambungkan Pipa Besi Tanpa Sistem Las! - Agar lebih kuat, penyambungan pipa besi dengan fitting pipa besi biasanya menggunakan teknik pengelasan. Ya, teknik pengelasan dianggap lebih kuat dan dapat menyatukan pipa secara permanen. Umumnya, metode pengelasannya sendiri disesuaikan dengan jenis bahan baku yang digunakan misalnya jika memakai pipa baja berbahan karbon maka bisa dilas dengan las metal, pipa stainless steel dengan las busur wolfram.



Hanya saja, ada beberapa jenis material pipa besi yang justru cepat rusak ketika dilas seperti pipa leden, misalnya. Oleh sebab itu, menggunakan metode lain tanpa perlu mengelasnya merupakan pilihan yang tepat. Adapun metode tersebut adalah sebagai berikut: (source: arafuru.com)

Spigot.

Pertama, menggunakan metode spigot. Di mana, penyambungan pipa ini dengan cara memasukkan salah satu bagian ujung pipa dengan ujung lainnya. Intinya, ukuran diameter pipa yang digunakan berbeda satu sama lain sehingga lebih mudah dipasangkan. Caranya? Belah diameter ujung pipa sepanjang 7 cm memakai mesin khusus, lalu rapatkan ujung pipa menggunakan palu sampai ukuran ujungnya mengecil. Selanjutnya, masukkan ujung pipa yang sudah dibelah ke dalam pipa yang lainnya dan supaya lebih kuat pasang paku rivet di antara kedua ujung pipa tersebut.

Flange.

Selain spigot, terdapat pula metode lain yang juga bisa diterapkan ketika menyambungkan pipa besi, yakni Flange. Flange sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengencangkan pipa secara permanen. Biasanya, alat satu ini memanfaatkan baut sebagai media pengencangnya sehingga pipa lebih mudah dipasang dan dilepaskan kembali. Cara pemasangannya pun mudah, tinggal menempelkan kedua ujung pipa lalu ikat dengan flange. Metode flange ini sangat cocok diterapkan pada sambungan pipa yang penggunaannya dibongkar secara berkala.

Threaded.

Berbeda dengan sebelumnya, untuk metode threaded ini biasanya dipasang dengan cara membuat uliran di kedua ujung pipa besi. Menurut hasil lansiran, metode satu ini umumnya kerap dimanfaatkan oleh PDAM untuk mengalirkan saluran air minum ke rumah penduduk. Kelebihan dari metode ini adalah sangat mudah dalam pengerjaan dan aman digunakan. Namun demikian, sayangnya, metode ini rawan mengalami kebocoran karena adanya penebalan pipa.

Demikian cara yang bisa diterapkan untuk menyambungkan pipa besi tanpa menggunakan sistem pengelasan. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar