Breaking News

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Itu Covid-19

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Itu Covid-19 - Pastinya masyarakat sudah tidak asing lagi dengan virus yang mematikan ini, bukan? Apakah Anda sudah mengenal lebih jauh tentang apa itu covid-19? Penyakit yang terbentuk dari kategori coronavirus mampu menyebabkan gangguan sistem pernapasan penderita. Virus ini juga bisa menyerang siapa saja tanpa peduli kalangan.


Apa kepanjangan dari covid-19? Covid-19 memiliki kepanjangan Coronavirus Disease 2019. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan pada bulan Desember 2019, sedangkan di Indonesia sendiri mulai terjadi pada tahun 2020. Banyak yang menanggap virus tersebut berbahaya lantaran mampu menukar dengan cepat dan mematikan penderita.

Apa Itu Covid-19 an Bagaimana Awal Penularannya?

Apa itu covid-19? sebenarnya Perlu diketahui bahwa Covid-19 berasal dari golongan SARS-CoV-2. Awalnya, virus tersebut ditularkan dari hewan ke manusia. Kemudian, dengan cepat saling menularkan virus ke sesama manusia. Dalam beberapa bulan saja, seluruh dunia mengalami dampak yang signifikan akibat dari penyakit tersebut, termasuk Indonesia.

Meski saat ini Indonesia sudah melakukan segalanya sesuai dengan protokol kesehatan, bukan berarti orang yang terinfeksi malah berkurang. Setiap harinya akan selalu ada tambahan orang yang terinfeksi. Walaupun begitu, tingkat kesembuhan di Indonesia sekarang bisa dikatakan cukup maju. Tidak sedikit juga yang berhasil mengurangi angka kematian.

Gejala Umum Covid-19

Berdasarkan data yang sudah dikumpulkan sampai saat ini, tingkat kematian lebih rentan kepada orang yang berumur di atas 60 tahun. Hal ini wajar saja. Tubuh seseorang di usia seperti itu tentu tidak kuat lagi, sedangkan virus yang hadir merusak imun tubuh. Penyakit corona atau virus corona ini memiliki gejala yang umum dan juga gejala yang tidak biasa atau jarang terjadi.

Gejala umum bisa Anda temukan seperti demam, kelelahan, dan batuk kering. Sedangkan gejala yang jarang terjadi meliputi rasa nyeri, diare, sakit tenggorokan, sakit kepala, mata memerah, dan ruam pada kulit. Selain itu, ternyata seseorang yang menderita virus corona ini bisa mengalami kehilangan atas indra penciuman atau perasa.

Hal ini dikarenakan virus tersebut menyerang dan mengganggu bagian sel pendukung, seperti sel basal dan sel sustentakuler. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut bersifat sementara. Seseorang akan mengalami risiko terkena virus corona jika berdekatan dengan penderita, tidak menjaga kebersihan dan juga kesehatan.

Tindakan Pencegahan Terhadap Covid-19

Saat Anda merasa melakukan kontak fisik dengan seseorang yang terinfeksi virus corona atau penyakit corona, maka Anda bisa melakukan isolasi mandiri. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan terhadap orang di sekitar Anda jika terbukti Anda juga terinfeksi. Lama waktu isolasi yang Anda lakukan adalah sekitar satu sampai dua minggu.

Untuk melakukan pencegahan, Anda bisa mencuci tangan sampai bersih, menggunakan masker, jangan menyentuh wajah setelah habis menyentuh sesuatu, dan menjaga jarak aman. Selain itu, penting menjaga imun tubuh agar tetap kuat dengan mengonsumsi sayuran dan buah. Itulah perkembangan apa itu covid-19 yang harus Anda waspadai agar saat terinfeksi, Anda bisa mengatasinya tanpa panik.

Tidak ada komentar